Langsung ke konten utama

Cara Mengatasi Error di VirtualBox “FATAL: NO BOOTABLE MEDIUM FOUND! SYSTEM HALTED”


Virtualbox
Pernah mengalami hal seperti ini? Sedikit penjelasan mengenai penyebab error yang terjadi di VirtualBox. Penyebab utama dari pesan error “FATAL: NO BOOTABLE MEDIUM FOUND! SYSTEM HALTED” yaitu dikarenakan tidak ditemukannya media instalasi yang bersifat Bootable pada OS yang akan di install. Media instalasi tersebut dapat berupa file ISO, DVD, CD, maupun USB Flashdisk bootable.

Kenapa media instalasi tersebut tidak bootable? Apa saja penyebabnya? Media instalasi tersebut tidak bootable karena tidak terdapatnya informasi digital pada media instalasi tersebut yang memberitahukan bagaimana proses booting dapat terjadi pada media instalasi ini. Masalah ini biasanya sering kita jumpai ketika menginstall OS melalui file ISO yang tidak original dan sangat jarang terjadi pada CD maupun DVD. Untuk yang menggunakan USB instalasi, hal ini juga dapat terjadi tetapi sangat jarang pengguna menginstall OS di Komputer Virtual melalui USB, biasanya langsung ke Komputer yang sesungguhnya.

Penyebab file ISO tidak bootable:

  • File ISO tersebut tidak original dari pembuat OS
  • File ISO tersebut dibuat ulang dengan tidak benar
  • Tidak ada informasi digital pada file ISO tersebut
  • File ISO Corupt/Tidak dapat dibuka

  • Gambar diatas adalah contoh kegagalan dalam menginstall OS Windows 7 di dalam VirtualBox. Dari gambar tersebut terlihat pesan error yang menandakan bahwa media instalasi bootable tidak ditemukan. Walaupun file ISO sudah terhubung dengan VirtualBox namun file ISO tersebut tidak Bootable maka VirtualBox tidak akan menemukan konfigurasi Boot pada file ISO tersebut.

Cara Mengatasi

  • Berikut ini akan dijelaskan mengenai cara mengatasi error “No Bootable Medium Found” pada file ISO yang tidak bootable. Untuk mengatasi masalah ini, hal-hal yang perlu dilakukan adalah membuat file iso tersebut menjadi bootable. Sebelumnya kita cek dulu apakah benar file ISO yang akan digunakan memang tidak bootable?
  • Untuk mengetahui apakah file ISO yang digunakan Bootable atau tidak diperlukan aplikasi tambahan seperti PowerISO. Coba perhatikan gambar berikut:

  • Terlihat bahwa file ISO Windows 7 yang saya gunakan ternyata tidak bootable. Langkah selanjudnya adalah mengekstrak atau mengeluarkan semua file yang ada ke sebuah folder. Sehingga yang kita gunakan hanya isi dari file ISO tersebut dan file ISO nya tidak kita gunakan lagi. Hal ini juga dapat dilakukan untuk file Instalan Windows yang tidak berupa ISO.

  • Setelah semua file di ekstrak keluar, selanjutnya kita memerlukan file ISO lain yang bersifat bootable. Perlu diperhatikan bahwa file ISO tersebut harus sesuai dengan tipe bootloader OS yang digunakan. Misalkan bootloader berupa bootmgr (pada windows vista, 7, 8, dan 8.1) hanya dapat digunakan pada OS tersebut (windows vista, 7, 8, dan 8.1) dan tidak dapat digunakan pada OS lain seperti linux dan windows XP.

Saya hanya memberikan untuk OS Windows saja dikarenakan pada OS Linux jarang terjadi
  • Hapus semua isi pada file ISO bootable tadi dan masukkan semua file yang telah diekstrak sebelumnya kedalam file ISO tersebut kemudian simpan.

  • Sekarang file iso yang baru bersifat bootable dan dapat digunakan untuk diinstall menggunakan komputer virtual seperti VirtualBox maupun komputer sesungguhnya.
  • Berikut adalah tampilan bahwa pesan error sudah tidak muncul lagi:

  • Akhirnya satu masalah terselesaikan. Setelah dianalisis, ternyata kebanyakan yang tidak bootable itu terjadi pada instalasi OS Windows, mungkin karena banyak sekali yang telah memodifikasi secara berulang ulang sehingga merubah konfigurasi booting pada windows tersebut. Pada linux hal ini sangat jarang sekali terjadi dan bahkan tidak pernah terjadi.
  • Linux adalah sumber terbuka (Open Source) yang dapat di kembangkan dan didistribusikan oleh siapa saja. Setiap pengembang linux akan memberikan nama untuk versi linuxnya masing-masing. Sekarang mungkin sudah tersedia ratusan distro linux diseluruh dunia. Sehinga tidak mungkin akan terjadi error pada linux tersebut karena pasti sudah diuji coba terlebih dahulu oleh pengembangnya.
SEMOGA BERMANFA'AT... 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Fungsi Fungsi Bahan PHP

  MAKALAH KARYA TULIS “FUNGSI FUNGSI BAWAAN PENGGUNAAN PHP” PEMROGRAMAN WEB DINAMIS PMI (1312) MUHAMMAD ALDY BASTIAN 18753061 PRODI MANAJEMEN INFORMATIKA JURUSAN EKONOMI DAN BISNIS POLITEKNIK NEGERI LAMPUNG BANDAR LAMPUNG 2019/2020 KATA PENGANTAR  Puji syukur Penulis limpahkan kehadirat Allah SWT, karena atas pertolongan Nya, penulis dapat menyelesaikan makalah  yang berjudul “Fungsi Fungsi Bawaan Penggunaan Php” ini tepat pada waktu yang telah direncanakan sebelumnya. Tak lupa sholawat serta salam Penulis haturkan kepada Nabi Muhammad SAW beserta keluarga dan sahabat, semoga selalu dapat menuntun Penulis pada ruang dan waktu yang lain. Penulis berharap semoga karya tulis ini bermanfaat bagi semua pihak dan bila terdapat kekurangan dalam pembuatan laporan ini penulis mohon maaf, karena

Download windows 10 PRO dan aktivasi nya

hello gan !! gimana kabar? pasti baik kan... :D kali ini ane bagi ini aja dah... gak pp yak :D Windows 10 merupakan versi windows lanjutan dari microsoft pasca windows 8.1. Windows 10 membawa beberapa perubahan besar, antara lain virtual desktop, munculnya kembali start menu dll. Sistem yang lebih ringan dan lebih user friendly menambah daya tarik windows versi yang terbaru ini. Windows 10 Pro Apa itu Windows 10? Windows 10 adalah windows terbaru keluaran Microsoft dengan perubahan besar dan stabilitas dibanding versi sebelumnya. Fitur-fitur windows 10: 1. Munculnya start menu kembali 2. Virtual desktop (multi window) 3. Multitasking dengan pilihan “Task View” 4. Kinerja yang lebih cepat dan handal 5. Dan fitur lainnya GAN TANPA BASA BASI LANGSUNG DOWNLOAD AJA NI Untuk aktivasi bisa menggunakan cara berikut =>  di bawah ya gan :D Product Key untuk instalasi: Pro: W269N-WFGWX-YVC9B-4J6C9-T83GX Enterprise: NPPR9-FWDCX-D2C8J-H872K-2YT43 >DOW

Contoh ID Card Pramuka dan Logo Ambalan

ASS.WR.WB Salam pramuka!!! disini saya akan memberi contoh id card pramuka dengan kegiatan hut ambalan raden intan dan malayati gudep 09075/09076 pangkalan SMKN 1 Raman utara pertama disini saya akan menceritakan bedirinya ambalan raden intan dan malahayati. sebelum menjadi ambalan raden intan nama sebelumnya adalah tan malaka. dari berdirinya nama tan malaka  banyak dari dewan guru yang tidak setuju dengan nama tersebut, karena banyak beredar hal negatif dari pahlawan yang terlupakan tesebut. maka dari pertimbangan dewan ambalan maka nama ambalan di ganti menjadi Raden intan dengan umur sekarang 1 tahun yang akan di peringatkan dengan kegiatan hut ambalan. yang akan dilaksanakan pada tanggal 28 februari dengan tertera lomba : ada pun susunan panitia nya dan contoh ID card untuk panitia : logo Resmi untuk ambalan Raden intan dan malahayati ; untuk mendisain saya menggunakan photo shop cs 6 , bila ada yang harus di tanyakan silahkan bertanya di colom